インドネシア慰安婦連帯ネットワーク(JSII)ソロ市で集会 Ianfu RI

画像

インドネシア慰安婦連帯ネットワーク(JSII=Jaringan Solodaritas Ianfu Indonesia)が、2013年8月18日に、中部ジャワのソロ市で、8月14日の「第1回世界慰安婦の日」のインドネシア版として、日本政府を糾弾する集会を開催したとの報道を目にした。
同市のグラダグ(Gladag)円形交差点付近で行われた集会では、道行く通行人に、黄色の蝶の形の小旗が配られたという。蝶は平和のシンボル、黄色は希望のシンボルと記事にはある。

インドネシアのFC(フェースブック)経由で入手した同集会に関する画像を、記録のために再録する。安倍首相や橋下大阪市長の顔マスクを付けた参加者の姿が。


画像


画像


画像


画像


以下は電子メディアの『SoloBlitz』の記事。

SoloBlitz - Minggu, 18/08/2013 20:00 WIB

SOLO – Untuk mengingat tragedi yang menjadi korban sebagai budak seks tentara penjajah Jepang yang disebut Ianfu, Jaringan Solidaritas Ianfu Indonesia (JSII) menggelar aksi di bundaran Gladag, pagi ini (18/8/2013). Hari Ianfu ini baru pertama kalinya diperingati oleh masyarakat internasional pada tanggal 14 Agustus 2013 lalu. Dalam aksi pagi ini, para peserta menggunakan topeng Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang, dan Walikota Osaka, Toru Hashimoto sebagai bentuk protes mereka terhadap pemerintah Jepang yang tidak bertanggung jawab atas kasus ini.
Solo, kata Eka Hindra, koordinator aksi pagi ini, merupakan tonggak sejarah bagi JSII. Pasalnya, korban Ianfu atau yang biasa disebut “penyitas” yang mau bersaksi di hadapan publik pertama kali adalah Tuminah yang tinggal di Solo. Latar belakang inilah yang akhirnya mendorong JSII memilih kota Solo sebagai tempat peringatan hari Ianfu.
Keberanian Tuminah ini, lanjut Eka, kemudian menginspirasi penyitas-penyitas lainnya untuk berani bersaksi setelah sebelumnya bungkam mengenai kekerasan seksual yang dilakukan militer Jepang tersebut. Dia menjelaskan ada 400 ribu perempuan di Asia-Pasifik dan Belanda. Hingga saat ini, belum ada bentuk pertanggungjawaban apapun dari pemerintah Jepang.
Eka menjelaskan memang selama tahun 1997 – 2007 ada uang hibah sebesar 380 juta yen dari pemerintah jepang. Namun Eka menyesalkan uang tersebut diberikan atas nama kemanusiaan dan bukan sebagai bentuk tanggung jawab politik. Selain itu, tidak ada seorang penyitas pun dari Indonesia yang mendapat uang hibah tersebut.
Dalam aksi yang juga diikuti oleh komunitas punk tersebut, para peserta membagikan bendera berbentuk kupu-kupu berwarna kuning kepada masyarakat.
“Kupu-kupu sebagai lambang perdamaian dan warna kuning artinya harapan,” kata Eka.
Sebagai informasi, Jugun Ianfu adalah sebutan bagi korban kekerasan seksual oleh militer Jepang.
Ichsan Noor Rosyid | @i_Rosyid
Editor : Sika Nurin

ブログ気持玉

クリックして気持ちを伝えよう!

ログインしてクリックすれば、自分のブログへのリンクが付きます。

→ログインへ

なるほど(納得、参考になった、ヘー)
驚いた
面白い
ナイス
ガッツ(がんばれ!)
かわいい

気持玉数 : 0

この記事へのコメント

この記事へのトラックバック